Lazada Indonesia

06.11
0
Dalam usaha memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan berbagai kegiatan. Mereka berusaha untuk mengenali perkembangan lingkungannya dengan menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan lingkungan mereka. Informasi keruangan yang dapat diperoleh dari peta dan atlas antara lain bentang budaya, bentang alam, letak wilayah, iklim, luas wilayah. Informasi yang dapat diperoleh dari globe antara lain sistem rotasi bumi, sistem garis lintang dan garis bujur. Kita akan lebih mudah membaca dan memahami peta jika kita memahami simbol-simbol dan skala yang digunakan peta, atlas, dan globe.

Untuk lebih memudahkan manusia mengenali perkembangan lingkungannya, manusia berusaha membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi tertentu. Mereka akan membuat berbagai peta tematik untuk memudahkan memperoleh informasi yang lebih khusus.
Dengan demikian, diperoleh berbagai peta tematik tentang keadaan atmosfer, hidrosfer, litosfer, dan biosfer. Dalam usaha mengenali perkembangan lingkungannya, manusia juga berusaha melalui pengenalan akan kondisi geografis dan penduduk di lingkungannya. Kondisi geografis meliputi letak, luas dan bentuk, serta batasbatas suatu wilayah. Kondisi penduduk meliputi kondisi ekonomi dan kondisi kebudayaan.
Untuk melengkapi usaha manusia mengenali perkembangan lingkungannya, manusia juga berusaha mengenali gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan. Materi ini akan dipelajari pada bab berikut.

Buku IPS SMP Kelas 7 | Didang Setiawan
Buku IPS SMP Kelas 7 | Didang Setiawan

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Download Buku Pelajaran SD, SMP, SMA, semoga bermanfaat