Rangkuman Bab 1 Lingkungan Kehidupan Manusia Byku SMP Kelas 7 | Didang Setiawan

Bentuk muka bumi sangat beragam. Namun, bentuk muka bumi itu berubah dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut terjadi karena adanya tenaga geologi yang memengaruhi permukaan bumi meliputi tenaga endogen dan eksogen. Tenaga endogen merupakan tenaga geologi yang berasal dari dalam bumi yang membentuk relief permukaan bumi. Tenaga endogen bersifat membangun. Tenaga endogen terdiri atas tiga jenis, yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seisme. Tenaga eksogen merupakan tenaga geologi yang berasal dari luar bumi yang membentuk relief permukaan bumi. Tenaga eksogen umumnya bersifat merusak. Tenaga eksogen memengaruhi relief muka bumi melalui proses pelapukan, erosi, dan sedimentasi.
Bentuk muka bumi sangat berdampak bagi kehidupan di atasnya. Oleh sebab itu, setiap kegiatan yang menyebabkan terjadinya perubahan pada bentuk muka bumi pun sangat berpengaruh pada kehidupan di muka bumi, termasuk manusia yang hidup di atas bumi. Diperkirakan manusia sudah menempati bumi ratusan juta tahun yang lalu. Manusia pada masa itu disebut manusia praaksara atau manusia yang hidup sebelum ditemukannya aksara. Mereka disebut juga manusia purba. Keberadaan manusia purba di Indonesia dapat diketahui dari fosil yang ditemukan di berbagai tempat. Jenis-jenis manusia purba yang telah ditemukan fosilnya di Indonesia antara lain Meganthropus palaeojavanicus, Pithecanthropus mojokertensis, Pithecanthropus solunsis, dan Pithecanthropus erectus, Homo soloensis (manusia purba dari Solo), Homo wajakensis (manusia purba dari Wajak), dan Homo sapiens (manusia cerdas).
Peradaban manusia purba terbagi dalam beberapa masa, yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, serta masa perundagian. Setiap masa memiliki ciri khas tersendiri. Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, manusia purba telah mengenal alat-alat berburu seperti kapak perimbas, alat-alat serpih, dan alat-alat tulang. Pada masa bercocok tanam, manusia purba telah mengenal sistem kepercayaan dan telah mampu membuat bangunan besar dari batu (megalith), berbagai alat dari batu, gerabah, dan perhiasan. Pada masa perundagian, manusia purba telah mengenal kehidupan sosial ekonomi dan mampu menghasilkan berbagai benda dari perunggu. 

Peninggalan manusia purba yang pernah hidup di Indonesia antara lain peti kubur batu, menhir, punden berundak, dolmen. Sistem kepercayaan manusia purba yang masih dapat ditemui saat ini ialah animisme, dinamisme, dan totemisme.

Buku IPS SMP Kelas 7 | Didang Setiawan
Buku IPS SMP Kelas 7 | Didang Setiawan

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Download Buku Pelajaran SD, SMP, SMA, semoga bermanfaat