Manusia adalah makhluk sosial. Salah satu ciri yang menandai bahwa manusia adalah makhluk sosial ialah manusia senantiasa melakukan interaksi sosial. Tanpa interaksi sosial, tidak mungkin ada kehidupan sosial. Karena ada interaksi sosial, terbentuklah kehidupan bersama. Dari adanya kehidupan bersama itulah timbul proses sosial.
Individu hidup di tengah masyarakat. Agar dapat diterima di lingkungannya, orang harus melakukan sosialisasi. Untuk itu, diperlukan agen sosialisasi. Agen sosialisasi tersebut ialah keluarga, teman sebaya, sekolah, masyarakat, dan media massa. Sosialisasi bermanfaat untuk membentuk pribadi, mewariskan nilai-nilai budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya, dan melahirkan masyarakat sosial sesuai dengan budayanya.
Interaksi sosial yang terjadi dapat dibedakan atas interaksi sosial asosiatif (kerja sama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi) dan interaksi sosial disosiatif (persaingan, kontravensi, dan pertentangan). Untuk terjadinya interaksi sosial, harus ada dua syarat, yakni harus terjadi kontak sosial dan komunikasi. Proses interaksi sosial dapat berlangsung didasarkan atas beberapa faktor, antara lain imitasi, sugesti, identifikasi, dan simpati.
Buku IPS SMP Kelas 7 | Didang Setiawan
Buku IPS SMP Kelas 7 | Didang Setiawan

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Download Buku Pelajaran SD, SMP, SMA, semoga bermanfaat